Coba Ikutan Aja Dech....

Jumat, 01 Januari 2010

Sejarah dan Pengertian Situs Jejaring Sosial

Sejarah dan Pengertian Situs Jejaring Sosial

Situs jejaring social adalah struktur social yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sapai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh Profesor J.a. Banes pada 1954.

Situs jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi seperti nilia, visi, ide, teman, keturunan, dll.

Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet, banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui kmunkasi antar komputer. Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar teman mantan sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang mambuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosila yang lahir sekitar tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epionions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan ynag kemudina dipakai pad beberapa situs UK regional diantara tahun 1999 dan 2001. inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan penggunaan kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing ynga tumbuh dengan cepat.

Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360. pada bulan juli 2005 New Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friendster Reunited pada desember 2005. Diperkirakan ada 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo Ikutan PTC